zorba-xquery.com

Xquery Versi 1.0 Dan Versi 3.0

Xquery Versi 1.0 Dan Versi 3.0

Xquery Versi 1.0 Dan Versi 3.0 – Bagi orang-orang yang masih awam dengan dunia IT pasti kebingungan dengan nama-nama software, prosesor ataupun hardware yang biasa digunakan oleh orang-orang IT. Misalnya Zorba Xquery, pasti hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya. Zorba Xquery merupakan sebuah prosesor kueri yang bisa digunakan oleh siapapun, ditulis dalam bahasa C++ dan mampu mengimplementasikan dalam Q3C Xquery dan juga XML. Prosesor yang satu ini adalah hasil distribusi di bawah Lisensi dari Apache. Zobra sendiri sudah memiliki beberapa implementasi dengan spesifikasi dari W3C Xquery, beberapa diantaranya adalah Xquery 1.0 dan Xquery 3.0. Tidak hanya itu saja, Zobra pun menyediakan JSONiq, Data Definition Facility dan juga Scripting Extension.

Untuk membahas Zorba Xquery lebih dalam lagi, kurang afdol apabila tidak membahas Xquery 1.0. Seri pertama dari Xquery ini menggunakan bahasa Query yang berbentuk XML. Setelah Xquery 1.0 rilis, beberapa waktu kemudian muncul perbaikan dari versi tersebut alias update menjadi versi 1.1 (memperbaiki bug yang muncul dan memberikan fitur tambahan). Dari Xquery 1.1 langsung lompat ke Xquery 3.0 tidak ke 2.0. Sebenarnya Xquery 3.0 menggunakan bahasa pemrograman yang sama dengan versi awal yaitu XML, hanya saja pada versi 3.0 ini Xquery bisa memberikan label dalam beberapa konten yang memuat informasi dari berbagai sumber data termasuk dari dokumen-dokumen yang sudah terstruktur maupun belum. FLOWR yang menguji kemampuan Xquery 3.0 dalam rangka memberikan dukungan bila ada kesalahan atau bug dalam software, beberapa hal yang diuji adalah fungsi dinamis, fungsi sebaris, fungsi literal dan beberapa fungsi lainnya.

Apabila anda ingin mengetahui lebih banyak terkait Zorba Xquery, mulai dari sejarah alias awal mula pengembangan prosesor ini, fungsi prosesor Zorba Xquery secara lebih detail atau penggunaannya, anda bisa mencarinya di internet. Karena keterbatasan tempat, dalam artikel ini belum bisa menjelaskan Zorba Xquery dengan lengkap. Walaupun begitu, setidaknya dengan artikel yang singkat ini diharapkan dapat memberikan informasi yang anda cari walaupun hanya sedikit. Selamat berjumpa lagi pada artikel selanjutnya!

Facebooktwitterredditpinteresttumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *